Showing: 1 - 10 of 20 RESULTS

Living in France 101 : 10 Karakteristik Keju di Prancis

“La vie est un doux mélange d’amour, de chance et de… pâte au fromage” Kata-kata di atas merupakan salah satu proverbe atau kutipan dalam bahasa Prancis favorit ku yang artinya, ‘hidup adalah perpaduan manis antara cinta, keberuntungan, dan pasta keju’. Sejak pindah dan hidup di Prancis, aku berkesempatan untuk mencoba berbagai jenis keju, mulai dari yang manis, asin, sedikit pahit, …

Living in France 101 : Cuti Kerja, Tanggal Penting dan Hari Libur di Prancis

Berhubung bulan Agustus merupakan hari libur musim panas terakhir di Prancis, jadi seperti yang sudah bisa dibaca dari judul di atas, kali ini aku mau membahas sedikit terkait dengan cuti kerja, tanggal-tanggal penting dan hari libur nasional di Prancis. Hari libur nasional (jour férié) di Prancis bisa dibilang tidak sebanyak hari libur nasional di Indonesia. Di sini, selama setahun hanya …

Living in France 101: Tradisi Makan Kue Galette des Rois di Prancis

Aku inget banget, beberapa minggu setelah resmi pindah ke Prancis pada akhir tahun 2018 lalu, tepat di Minggu pertama di bulan Januari 2019, suami tiba-tiba bawain aku galettes yang dia beli dari toko roti (boulangerie) dekat apartemen. Buat yang belum tahu, galettes itu kayak kue yang terbuat dari puff pastry dengan isian pasta almond kental yang dikenal dengan frangipane. Teksturnya …

Buka Puasa Sambil Piknik?

Bonjour! Selamat datang di AMG! Vlog Cerita #26 Lanjutan dari video sebelumnyaa! Kali ini kita buka puasa ala-ala piknik tapi di apartemen. Terus penasaran banget mau nyobain bikin kopi ala Tasya Farasya! Jujur seperti judulnya, emang enak banget… Tonton sampai habis ya! Tonton juga: Resep Kue Suami untuk Buka Puasa  

Vlog Resep Kue Suami untuk Buka Puasa

Bonjour! Selamat datang di AMG! Vlog Cerita #25 Bulan puasa gini, kita lagi rajin banget masak or baking resep-resep baru. Kali ini aku mau ajak kalian untuk ngikutin suami bikin kue untuk buka puasa! Kira-kira enak ga ya? Baking kue itu salah satu kegiatan favorit suami dan dia sering banget explore resep-resep baru. Semoga terhibur dan terinspirasi ya sama videonya! …

Living in France 101 : 3 Tahun Puasa di Negeri Orang

Gimana puasa di Perancis? Kangen gak sama keluarga di Indonesia? Nanti lebaran pulang kampung engga? Beberapa tahun belakangan setiap menjelang bulan Ramadhan, pasti pertanyaan-pertanyaan itu yang dilontarkan dari keluarga dan teman-teman terdekat. Terlebih ini sudah tahun kedua aku menjalankan puasa Ramadhan di Perancis, jauh dari orangtua, keluarga dan teman-teman. Loh, tapi kok di judul-nya tiga tahun? Singkat cerita, tahun 2016 …

Living in France 101 : Setelah Visa Long Sejour (VLS) Habis, Lalu?

Beberapa waktu lalu, masih banyak yang tanya via email atau akun sosial media aku mengenai proses dokumen di Perancis bagi WNI yang akan menikah maupun yang baru saja pindah ke Perancis. Aku senang banget, kalau ternyata artikel yang aku tuliskan dapat membantu teman-teman semua untuk melewati proses dokumentasi pernikahan dengan WN Perancis dan saat pindahan ke Perancis. Kali ini aku …

Living in France 101: 9 Sites Belajar Bahasa Perancis Online Gratis!

Lagi lockdown begini sebenarnya jadi kesempatan baik banget buat melakukan banyak hal yang sejak dulu banget mungkin engga sempat kita lakukan. Entah karena engga ada waktu, terlalu sibuk di kantor, sibuk urus rumah tangga dan sebagainya. Padahal ini jadi kesempatan baik untuk kita membaca buku yang sudah lama dibeli tapi masih bertengger di rak buku, masak makanan atau kue yang …

Festival Makan Ikan + Snacks Shopping Haul di Perancis

Bonjour! Kalau menurutku, salah satu senangnya hidup dan tinggal di Perancis adalah banyaknya acara dan festival yang unik-unik. Intinya, orang Perancis itu seneng banget sama selebrasi. Sebenarnya, kalau melihat karakter orang-orang Perancis yang doyan makan, doyan ngariung, doyan jalan-jalan, doyan ngobrol itu sama aja kayak kita orang-orang Indonesia pada umumnya. Aku dan suami senang banget kalau di kota kami tinggal …

Living in France 101 : 11 Hari Lockdown, Apa yang Terjadi di Perancis?

Saat saya menuliskan blog ini, saya baru banget baca berita ada polisi militer (gendarmes) pertama yang meninggal dunia karena COVID-19 di Perancis dan hari ini juga kami yang berada di Perancis sedang melalui 11 hari lockdown. Lalu, apalagi yang terjadi disini? Melanjutkan dari post saya sebelumnya, kali ini saya mau update cerita lagi tentang COVID-19 atau coronavirus; bagaimana situasi terkini …

%d bloggers like this: