Naik Gunung Torres del Paine di Patagonia, Chile

Mungkin banyak dari teman-teman yang gak tahu nama gunung yang aku sebutkan di atas, karena memang letaknya yang berada di wilayah paling Selatan di Chile. Tapi, kalian tahu gak, kalau gunung ini menjadi salah satu impian dan target para pecinta alam terutama bagi orang-orang Eropa? Bahkan aku pernah lihat kalau salah satu aktris Indonesia, Nikita Willy dan suaminya juga sempat melakukan pendakian gunung sampai ke sana~

Kalau aku pribadi, tahu pegunungan ini karena suami yang memang 3 – 4 tahun terakhir bolak-balik ke Patagonia, Chile untuk kepentingan riset S3-nya, jadi kayak penasaran seperti apa keindahan di pegunungan tersebut. Kalau suami, kebetulan sudah dua kali hiking ke sana dengan ruter berbeda. Karena aku sejak dahulu emang pada dasarnya bukan anak gunung/pecinta alam, dan pendakian di Torres del Paine ini treknya cukup sulit, jadi sangat tidak dianjurkan untuk beginner atau pemula. Apalagi untuk yang secara fisik, tidak rajin olah raga.

Kayak aku gini, misalnya. Hehe.

Sebenarnya selama tinggal di Prancis aku jauuuuh lebih rajin jalan kaki kemana-mana dibanding sewaktu aku masih tinggal di Jakarta. Tapi kan jalan kaki di kota atau di pantai atau di tebing dekat rumah tentu jalur, pace dan kesulitannya berbeda ya. Lebih ke lurus-lurus aja, kalaupun nanjak gak kayak nanjak di pegunungan. Tapi kalau naik gunung kan persiapannya harus benar-benar matang! Karena fisik dan mental pasti diuji~ Jangankan naik gunung, naik tangga di bukit Pulau Padar, Komodo aja udah engap, apalagi ini naik gunung yang serius.

Penasaran gimana treknya? Kalian bisa tonton di sini nih. Igor sempat buat vlognya saat ia sedang hiking ke Mirador base de Las Torres. Pemberhentian terakhir di gunung Torres del Paine.

Udah nonton vlog-nya? Indah banget ya pemandangan di atas sana~ Aku tuh super jealous sih pas lagi editing vlog kali ini, karena memang aku sebegitu sukanya sama gunung gletser, pokoknya yang bisa lihat salju atau iceberg gitu-gitu deh. Tapi juga ngeri fisik dan mental belum siap untuk sampai ke atas sana, hikss.

Mungkin kali ini, aku akan sedikit melengkapi beberapa informasi tambahan dari yang sudah ada di vlog ya. Aku coba urutkan dulu kali ya, diantaranya dimulai dari:

  1. Booking tiket bis dari terminal bis di Puerto Natales— Saat kami berkunjung ke sana bulan Desember 2019 lalu, kita itu beli tiket bis beberapa hari sebelumnya langsung di terminal bis Puerto Natales, Terminal Rodoviario (Estacion de Autobuses). Di terminal bis ini kalian bisa menemukan banyak banget perusahaan bis-bis antarkota bahkan antar-negara. Saat itu kami menggunakan agen bis bernama “Bus Sur”, kalian bisa cek sendiri untuk harga-harga update-nya langsung di link mereka ya. Saat itu harga tiket PP Puerto Natales – Torres del Paine: CLP 15.000 (Rp 300.000-an) per orang.  Harusnya kalian juga bisa sih booking online via link diatas~
  2. Sebelum beli tiket masuk, tanda tangan form menjaga kebersihan dan keamanan Taman Nasional—Ketika sedang mengantri untuk beli tiket masuk, kamu pasti diminta untuk mengisi form ini. WAJIB hukumnya! Karena dulu sempat ada beberapa insiden yang hampir membakar beberapa bagian taman nasional di gunung tersebut oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Jadi, penggunaan api atau bahan-bahan yang mudah terbakar sangat sangat dilarang dan perlu perhatian khusus oleh pengunjung! Pengunjung juga harus menjaga kebersihan jika ingin camping di sana. Ada sanksi ekonomi dan hukum yang akan diberikan, jika kamu melanggar peraturan di Taman Nasional tersebut. Jadi, sama-sama harus menjaga taman nasional nya!
  3. Beli tiket masuk di Taman Nasional Torres del Paine (Laguna Amarga)— Kalau kalian lihat di vlog, harga tiket masuk ke Taman Nasional itu sangat bervariasi. Terlebih jika kamu berniat untuk hiking beberapa hari di sana, camping sampai menginap di salah satu resort mereka. Kalau harga regular (hanya tiket masuk) aja sih sekitar CLP 21.000 atau EUR 27 atau Rp 450.000 per orang-nya. Kalian bisa cek harga penginapan, camping, packages, tours dan sebagainya di web Taman Nasional ini ya.
  4. Bayar tiket bis dari Laguna Amarga untuk ke Entrance Pendakian—Nah, dari Laguna Amarga, nanti kamu tunggu ada bis-bis yang akan mengantarkan kamu ke gerbang pendakian, dimana kafe dan souvenir shop berada. Di sana lah tempat aku nungguin Igor~ Tiket bis nya murah kok, karena memang cuma sekitar 10-15 menit aja ke sana, tapi jalannya rumit. Harga sekitar CLP 3.000 atau Rp 60.000-an (oneway).
  5. Informasi rute trekking Torres del Paine—Banyak jalan ke Roma, ternyata juga banyak jalan untuk mendaki gunung Torres del Paine~ Tentu tergantung lama waktu kamu stay di Taman Nasional, budget dan target hiking kamu sendiri. Yang seringkali jadi favorit para pendaki ternyata mencoba W trek-nya. Ini buat yang mau serius ngedaki gunung dan memang mau menikmati alamnya banget sih, karena akan memakan waktu 3-5 hari untuk trek ini. Kalau yang mau cepet aja dan hanya ada waktu 1 hari kunjungan alias gak menginap, ya kayak Igor aja. Dia total mendaki dari naik hingga turun gunung sekitar 7-8 jam! Aku kayaknya udah pingsan tengah jalan sih itu… Oh iya, kalau mau informasi lebih lanjutnya, baca blog-nya Clever Hiker ini deh, super lengkap!
kedua trek populer dan favorit di Torres del Paine

Jadi, sebelum rencana ke Patagonia Chile dan berniat hiking di Torres del Paine, kalian harus banyak riset sebelum memutuskan untuk ke sana. Mulai dari persiapan fisik dan mental, perlengkapan naik gunung dan lain-lainnya.

Kalau kalian ada pertanyaan lebih lanjut boleh komen di bawah ya!

Baca atau tonton juga:

Keseruan Naik Boat di Sungai Serrano in Patagonia, Chile

Hiking in Serrano Glacier Mountain in Patagonia, Chile

Cruising to Balmaceda Glacier Mountain in Patagonia, Chile

A Quick Guide in Puerto Natales, Chile

The Gateway to Chilean Patagonia: Punta Arenas, Chile

What’s Inside Chilean Patagonia?

Met our New Friends in Isla Magdalena, Punta Arenas, Chile

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: