Cruising to Balmaceda Glacier Mountain in Patagonia, Chile

Akhirnya setelah hiatus panjang, senang banget bisa balik lagi nulis dan update blog lagi plus edit dan update vlog travel di Youtube channel AMG!

Banyak sekali hal-hal yang pengin banget aku ceritain dan berbagi dengan kalian, saat hiatus panjang kemarin. Tapi nanti ya satu per satu pasti aku ceritakan. Bisa dibilang hiatus kemarin jadi semacam turning point untuk aku pribadi dan juga suami. Sebelum cerita dibalik hiatus panjang kemarin, sebenarnya ada buanyaaak banget cerita dan kumpulan footage video saat kami berlibur di Chile akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 lalu, juga beberapa tempat yang kami kunjungi lainnya yang belum sempat diedit dan dibagikan ke para pembaca dan subscribers.

Hutangnya banyak yaaa…

Jadi, mudah-mudahan dengan segala keterbatasan dan geminian mood-ku ini, aku masih bisa berbagi semuanya ke kalian.

Nah, seperti judul yang sudah bisa kalian baca di atas, aku mau berbagi pengalaman saat kami cruising dengan kapal yang besar untuk mengunjungi beberapa gunung gletser yang ada di Patagonia Chile. Tempatnya breathtaking banget!

Gak percaya? Tonton dulu nih vlog-nya…

Gimana? Udah sedikit percaya kaaan kalau tempatnya indah banget?

Aku akan bagi beberapa bagian khusus kunjungan ke gunung gletser di sini ya, so bare with me the next videos even more beautiful~ spoiler!

Ya emang sih, kita masih berada di masa-masa sulit COVID ini, tapi percayalah this too shall pass. Optimis dulu aja kalau nanti semua sudah membaik, kita bisa traveling dan jalan-jalan ke luar negeri lagi, hehe.

Boleh minta amin-nya?

Oke, sedikit cerita saat excursion atau wisata ke gunung gletser Balmaceda dan Serrano ini, jadi sebenarnya wisata dengan cruise ini aku gak tau sama sekali, karena semua diurus sang suami yang baik hati. Dia cuma bilang, “kita mau ke gunung gletser nanti!” udah gitu aja, tapi gak jelasin detailnya dan tiba-tiba booked tiket untuk 2 orang di kapal tersebut untuk perjalanan seharian kami ke Balmaceda dan Serrano. Setiap aku tanya, dia cuma bilang

“don’t be cerewet, you will love it, I promise!”

Ya udah aku gak pernah nanya-nanya sampai perjalanan kami benar-benar berakhir dan aku memang sejujurnya puas sekali! Dia tahu banget aku tuh suka banget sama iceberg, salju, gunung es, gletser pokoknya wisata yang seperti itu aku suka bangeeet~ Makanya waktu tahun 2016 lalu, aku bela-belain di musim panas saat masih tinggal di Jenewa pergi sendirian ke Chamonix, Prancis.

Baca juga: The eternal snow, my experience in Mont Blanc, Chamonix

Jadilah, akhirnya sebagai perjalanan penutup akhir tahun 2019, kita memutuskan untuk cruising sepanjang Ultima Esperanza fjord demi melihat secara langsung gunung gletser Balmaceda dan Serrano dengan menggunakan jasa agen wisata khusus namanya Turismo 21 de Mayo.

Untuk program, price list-nya bisa cek disini.

Gunung gletser Balmaceda dan Serrano keduanya terletak di dalam Taman Nasional Bernardo O’Higgins, Puerto Natales, Patagonia Chile. Gletser Balmaceda sendiri terletak di sisi barat Gunung Balmaceda. Dengan perpanjangan 2.035 meter, Balmaceda menawarkan pertunjukan nyata ketika gunung es-nya terlepas dari sisi timur gletser. Tetapi sayangnya, akibat dari pemanasan global, gunung gletser dan es yang ada di Balmaceda kian mencair dan menghilang. 

Makanya aku beruntung banget, bisa menyaksikan langsung gunung gletser Balmaceda ini! Meski sebenarnya cita-cita ku yang lainnya juga untuk mengunjungi secara langsung wilayah Antartika dan melihat bongkahan es dan gunung es yang lebih besar-besar lagi di sana! Amin, semoga bisa kesampaian suatu saat nanti.

Saat mengunjungi gunung gletser Balmaceda, kita hanya melihatnya dari kapal saja, karena letaknya benar-benar tengah-tengah fjord. Tapi, lihat dari dek kapal aja kita udah senang banget! Tapi saat melihat gunung gletser Serrano kita harus sedikit hiking dan naik-turun bukit untuk melihatnya (SPOILER: the next vlog!).

Sekeliling gunung Balmaceda juga banyak air terjun yang bisa kita lihat dari dek kapal, tapi airnya dingin banget, meskipun saat itu adalah musim panas di Chile!

Segitu dulu cerita di gunung gletser Balmaceda, nanti gunung gletser Serrano-nya akan aku ceritakan dan update saat aku udah upload vlog-nya juga! Jadi, stay tune terus ya, jangan lupa subscribe Youtube channel ku, juga follow this blog~ hehe.

Terima kasiiiiih.

Baca juga:

A Quick Guide in Puerto Natales, Chile

The Gateway to Chilean Patagonia: Punta Arenas, Chile

What’s Inside Chilean Patagonia?

Met our New Friends in Isla Magdalena, Punta Arenas, Chile

 

2 Comments

  1. […] Cruising to Balmaceda Glacier Mountain in Patagonia, Chile […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: