Becoming Emily in Paris: 24 Places to Visit on Your Next Travel!

Masih pada demam Emily in Paris engga nih? Kalau dilihat-lihat di Instagram, Tiktok, Twitter kayaknya masih pada tergila-gila sama sosok Gabriel ya~ Bahkan ada salah satu pengguna Tiktok yang super niat banget mengunjungi apartemen dimana Emily dan Gabriel tinggal! Kalau aku entah kenapa into dan suka banget sama gayanya Camille yang dimainkan oleh Camille Razat. Gayanya dia benar-benar mencerminkan seorang perempuan Parisian yang memang fashionable. Meskipun kenyataannya di Paris, gak semua perempuan se-stylish Camiille ya, tapi she’s so damn gorgeous!

Akhirnya setelah mencatat beberapa tempat di Paris yang sempat diekspos di dalam serial ini, aku bisa berbagi informasi ke kalian mengenai tempat-tempat ini. Sebagian besar memang sudah pernah aku kunjungi secara langsung dan seperti di serial ini, memang lokasi syuting aslinya ini sangat fotogenik dan Instagramable~ Aku coba mengurutkannya dari episode pertama lagi ya!

 

1. Eiffel Tower – Belum sah kalau film-film yang mengambil latar belakangkan kota Paris, enggak munculin menara Eiffel ya! Begitu sampai di Paris, ingatkan kalau Emily naik taksi dan dia terlihat sebegitu berkesannya dengan kota Paris? Beberapa footage terkait dengan kota Paris ini pun diperlihatkan di episode pertama dari serial ini, termasuk menara ini. Seperti mimpi semua orang, berdiri di menara Eiffel dan memandangi seisi kota Paris dari the top of this tower… feel so magical!

Courtesy: Netflix

2. Assemblée Nationale – tempat dimana Parlemen Prancis berada! Memang bukan tempat yang bisa dikunjungi, tapi kalau kalian lihat dari luar gedungnya aja udah terlihat cantik dan elegan.

3. Arc de TriompheAnother favorite spot to see all over Paris and the Eiffel Tower! Kalau next time kalian ke Paris dan punya waktu luang, jangan cuma foto-foto dari depan atau luar monumennya aja, tapi juga naik sampai ke atas monumen. View-nya juga gak kalah indahnya! Cuma yaaa kita harus naik tangga ke atasnya yang supeeerrr banyak, ada sekitar 280 tangga!

4. Place de l’Estrapade – Pertama kali nonton Emily in Paris, begitu lihat nama jalannya, aku buru-buru langsung Googling! Oh, ternyata lokasinya ada di 5th arrondissement dan gak jauh dari Panthéon! Meskipun aku sudah pernah ke Panthéon, aku sendiri belum pernah ke area dimana apartemen Emily berada. Tapi kalau sudah nonton, hampir di sepanjang serial, area ini jadi sering diperlihatkan, karena Emily terlihat hangout di sekitar daerah apartemennya.

‘Emily in Paris’ on Netflix Is Dividing the Internet | Glamour
Source: Glamour.com

5. Boulangerie Moderne – Tidak jauh dari apartemen Emily, ternyata boulangerie dimana pertama kali Emily mencoba pain au chocolat adalah di toko roti ini! Sebenarnya hampir di setiap quartier di Paris, kalian bisa dengan mudahnya menemukan boulangerie! Rasanya pun di setiap boulangerie bisa beda-beda, karena memiliki ciri khasnya masing-masing.

6. Galerie Patrick Fourtin – Nah, ternyata kantor Savoir letaknya tepat di sebelah galeri ini! Lebih tepatnya di daerah 1st arrondissement, rue des Bons Enfants, tidak jauh dari stasiun Metro Palais-Royal – Musée du Louvre.

7. Jardin du Palais Royale – Di sini, ada sekitar 2 – 3 scenes Emily ketemu sama Mindy, yaitu saat momen pertama kali ketemu dan juga saat Mindy nyanyi la vie en rose yang jadi debutan pertama dia untuk kembali menyanyi!

Source: Marie Claire

8. Le Flore En L’ile – salah satu kafe yang kita lihat pertama kalinya saat Emily sedang duduk-duduk di pelataran tepat depan kafenya dan tiba-tiba Luc datang untuk sekadar menyapa dan chit-chat dengannya. Belum pernah nyobain ke sini sih, tapi kayaknya kalo dilihat dari lokasinya sih, pemandangannya oke juga ya~

9. Pont des Arts where you can find the love-lock bridge~

Courtesy: Netflix

10. Jardin du Luxembourg – taman ini memang cocok banget sih dipakai buat jogging. Makanya gak heran Emily juga jogging di sini. Selain karena terkenal dengan tamannya yang cantik, taman ini merupakan taman yang cukup dekat lokainya sama apartemen dimana Emily tinggal. Jadi, sebenarnya hampir di sepanjang series ini, Emily terlihat hangout-nya ya muter-muter aja di daerah sini.

11. Terra Nera restaurant – emang ada ya restoran ini? Kalau di scene mungkin gak terlalu terlihat namanya, tapi ini ternyata restoran tempat di mana Gabriel bekerja dan ternyata aslinya restoran Italia bukan resto Prancis.

12. Panthéon – ini merupakan salah satu bangunan favorit ku yang ada di Paris! I’ve been there once, but I loved to come back there again~ Zaman dulu bangunan ini dibuat untuk dijadikan gereja, tetapi kemudian setelah Revolusi Prancis dialih fungsi menjadi mausoleum atau monumen pemakaman bagi tokoh-tokoh terkemuka di Prancis, diantaranya: Victor Hugo, Voltaire, Jean-Jacques Rousseau, Louis Braille, etc. Bangunan ini terlihat di scene saat Emily lagi mau putus sama pacarnya via telefon!

13. Pont Alexandre III – Saat syuting iklan komersialnya de l’heure dengan model cantik yang full-naked ingat? Jembatan inilah yang digunakan untuk syuting iklan tersebut. Bisa dibilang salah satu jembatan favorit semua orang juga mungkin ya, karena emang cantik banget! Tapi kalian tahu enggak kalau jembatan ini awalnya dibuat dan diambil namanya dari Tsar Alexandre III Rusia? Jadi, memang jembatan ini pada awalnya dirancang sebagai isyarat diplomatik antara Prancis dengan Rusia.

Courtesy: Netflix

14. Café De La Nouvelle Mairiejust another restaurant Emily had breakfast with Mindy yang ternyata lokasinya cuma sejengkalan dari apartemennya.

Stream Emily in Paris on Netflix
Courtesy: Netflix

15. Atelier des Lumières – Belum pernah ke sini sih, tapi kayaknya gara-gara nonton Emily in Paris, next time kalau ke Paris lagi kayaknya aku bakalan sempetin ke sini deh! Bagusss banget tempatnya ternyata~ ingetkan yang mereka dateng bertiga, Emily, Camille dan Gabriel, ke salah satu exposition dengan lukisan Van Gogh diproyeksinya? Tapi ternyata lumayan juga ya tarif tiket masuknya, per orang 15 Euro! Karena aku suka banget sama hasil karya beberapa pelukis di sana yang ada di exposition ini, kayak karyanya Monet, Van Gogh, dll.

Source: telltaletv.com

16. La Maison Rose – awal-awal ke Montmartre, menurut aku pribadi agak gampang-gampang susah nyari resto ini! Resto yang pasti bakalan kamu sering lihat foto-fotonya di Pinterest kalau kamu lagi search ‘Montmartre. Soalnya jalan-jalan di Montmartre kecil-kecil, pendek-pendek, lumayan banyak dan rada naik-turun, karena memang lokasinya agak tinggi dari pusat kota Paris. Di sini, Emily terlihat lagi-lagi sama Mindy menikmati hri terakhirnya tanpa Instagram, karena permintaan Slyvie, bosnya.

17. Rue de l’Abreuvoir Meanwhile, saat Mindy dan Emily mulai mabuk dan berjalan di Montmartre malam harinya, dan Mindy sempat bilang Ruelle Qui Va Au Bout‘. Nah, sebenarnya yang Mindy maksud adalah jalan ini! Aslinya memang cantik sih, karena disitu kita bisa lihat view Sacré-coeur.

"Emily in Paris" : pourquoi Camille est en vérité la plus stylée de la série ? - Grazia
Courtesy: Netflix

18. Café de Flore – tempat dimana Emily bertemu dengan Thomas (dibaca: Toma, in french), professor ahli semiotik yang turns-out jadi gebetannya di Paris. Terletak di quartier Saint-Germain, di 6th arrondissement. Persis dengan ceritanya Thomas, kafe ini memang salah satu kafe bersejarah di Paris yang sudah ada dan dibangun sejak tahun 1885. Pasalnya, tokoh-tokoh penting Prancis maupun dunia sempat mengunjungi kafe ini, diantaranya: Jean-Paul Sartre, Simone de Beauvoir, Georges Bataille, Robert Desnos, Léon-Paul Fargue, hingga Pablo Piccaso!

19. Canal Saint-Martin – tempat dimana Gabriel, Camille, Emily dan Thomas double-date dan jalan-jalan malam hari~ katanya kanal ini sudah ada sejak lebih dari 150 tahun lamanya! Kanal ini terhubung dengan sungai Seine yang berada tepat di belakang katedral Notre-Dame.

20. Opera Garnier – Kalau di series, kalian pasti masih ingat adegan Emily muak banget sama Thomas-kan? Dan, mereka ended-up berantem dan gak jadi nonton Opera.  Ini juga salah satu bangunan favoritku! Gak bisa sih dibandingin sama Pantheon, karena opera-house ini super-cantik dilihat dari berbagai sisi~ Salah satu bucket-list ku juga sih untuk mengunjungi opera ini! Karena kalau dilihat dari foto-foto dan video di dalamnya sih super cantik interiornya~ kalian juga bisa kalau mau virtual tour Opera-nya, lihat disini ya!

Source: Vogue.co.uk

21. Château de Sonnay – emang bukan di Paris sih, château atau istana ini adalah nama asli dari château yang di dalam cerita adalah kediaman dari keluarga Camille. Aslinya, château ini merupakan vignoble atau tempat produksi wine yang berada di wilayah Centre-Val de Loire, naik mobil sekitar 3 jam-an dari Paris.

22. Les Deux Stations bistro another cafe/bistro hopping with Emily and Mindy~

23. Boat tour in Seine river – inget adegan Emily diajak naik boat keliling Sungai Seine sama Mathieu Cadault? Wow, anak Sultan banget si Mathieu ini sampai punya private boat khusus buat flirting-in Emily hahaha. But anyways, enggak harus cari gebetan laki Paris tajir melintir kayak si Mathieu ini, kalau mau tour gitu di sungai Seine. Sebagai rakyat jelata, kita juga bisa tour di sungai Seine kok dengan harga yang masih lumayan murah dan terjangkau, kayak waktu itu aku dan suami sempat cobain, namanya Bateaux Mouches.

24. Les Invalides (Musée de l’Armée) – satu lagi yang ketinggalan dan gak kalah penting~ sebenarnya di series Emily in Paris sih gak terlalu kelihatan banget, tapi di beberapa scene awal sempat kena sorot bangunan yang terkenal megah dan memiliki kubah berwarna keemasan. Kamu bisa melihat bangunan ini lebih dekat saat kamu sedang berjalan di sepanjang Pont Alexandre III. Bahkan kalau kamu sedang berdiri di Trocadero (tepat depan Eiffel tower) pun kamu masih bisa melihat kubah emas ini dari kejauhan.

Again, salah satu bucket-list juga sih untuk dikunjungi kalau nanti aku akan berkunjung lagi ke Paris~ karena di sini aku tertarik banget untuk melihat koleksi military museum Prancis yang sudah ada sejak era St. Louis hingga Louis XIV, dari Louis XIV hingga Napoleon III, sampai Perang Dunia ke-2, historial Charles de Gaulle hingga pemakaman Napoleon I.

Kira-kira segitu dulu informasinya, terlepas dari serialnya yang bikin gemes, nonton Emily in Paris ini rasanya benar-benar seperti mengajak kita virtual traveling ke Paris ya~ Semoga next time kalau udah bisa travelling lagi dan ada rezekinya ke Paris, bisa baca lagi tempat-tempat yang wajib dikunjungi, biar makin berasa ala-ala Emily in Paris-nya. Ihiiiy~

xoxo

 

1 Comment

  1. Menarik banget mbak tempat-tempat yang ada di Paris ya 🙂
    Semoga suatu hari nanti bisa kesampain main kesana, bakalan aku buat blogpost ini jadi bucket list aku semua hi hi hi
    Terima kasih sudah berbagi tempat-tempat keren ini <3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: