Living in France 101 : Cuti Kerja, Tanggal Penting dan Hari Libur di Prancis

Berhubung bulan Agustus merupakan hari libur musim panas terakhir di Prancis, jadi seperti yang sudah bisa dibaca dari judul di atas, kali ini aku mau membahas sedikit terkait dengan cuti kerja, tanggal-tanggal penting dan hari libur nasional di Prancis. Hari libur nasional (jour férié) di Prancis bisa dibilang tidak sebanyak hari libur nasional di Indonesia.

Di sini, selama setahun hanya ada sekitar 11 hari libur nasional setiap tahunnya. Mungkin itulah salah satu alasannya, kenapa hari cuti berbayar (congés payés) untuk para pekerja di Prancis jatahnya jadi lumayan banyak. Meskipun jangka waktu cutinya bervariasi, tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing.

Di Prancis, jumlah hari cuti berbayar yang diperoleh, tergantung pada jumlah masuk hari kerja oleh pekerja di perusahaan. Baik pekerja tersebut bekerja penuh waktu atau paruh waktu, ia memperoleh hak 2,5 hari cuti/bulan. Ketidakhadiran karena alasan tertentu juga diperhitungkan sebagai hari cuti. Menurut kebijakan pemerintah sendiri, minimum hari libur 12 hari dalam setahun, meski kebanyakan perusahaan ada yang menerapkan cuti selama 5 minggu setiap tahunnya.

Contoh perhitungannya seperti ini:

Pekerja yang bekerja 5 bulan berturut-turut selama setahun harus mendapat manfaat cuti 2,5 × 5 = 12,5, sering dibulatkan menjadi 13 hari kerja.

Selain cuti (congés payés), di sini juga ada peraturan yang namanya pengurangan waktu kerja atau dalam bahasa Prancis, la réduction du temps de travail (RTT). Kalau ini perhitungannya berdasarkan sistem yang memberikan alokasi hari atau setengah hari istirahat kepada pekerja yang jam kerjanya melebihi 35 jam/minggu (lembur atau overtime), tetapi dalam batas maksimum 39 jam/minggu. Jadi, kalau kita bekerja 35 jam per minggu, kita tidak mendapatkan hari RTT. Tetapi, kalau waktu kerja efektif kita 39 jam/minggu, kita berhak mendapatkan manfaat dari 4 jam RTT/minggu atau setengah hari RTT.

Nah, di bawah ini aku mau berbagi informasi terkait dengan beberapa tanggal-tanggal bersejarah penting (at least, yang aku ketahui ya) dan hari libur nasional yang ada di Prancis tahun 2021. Hari libur nasional di Prancis dibagi menjadi 2 macam, yaitu; perayaan hari libur sipil (fêtes civiles) dan hari raya keagamaan umat Kristian (fêtes religieuses chrétiennes).

Untuk membedakannya, yang berwarna biru itu merupakan hari libur nasional (jour férié) dan yang berwarna hitam adalah tanggal-tanggal bersejarah penting yang menjadi hari peringatan di Prancis, tetapi bukan termasuk hari libur nasional.

1 Januari – Tahun Baru (Jour de l’An)

6 Januari 2021 – Hari Epiphany (Jour de l’Épiphanie)

Bisa dibilang ini salah satu hari favorit ku, yaitu terkenal dengan hari makan galette des rois (pancakenya para raja)! Apa itu? Galette adalah sejenis pancake yang secara tradisional dibuat dan dikonsumsi di sebagian besar Prancis, Quebec, Swiss, Luxembourg, Belgia dan Lebanon pada hari Epiphany. Secara historis, hari Epiphany ini merupakan selebrasi umat Kristiani yang merayakan kunjungan orang Majus ke bayi Yesus. Untuk waktu perayaannya, tergantung masing-masing negara, di Prancis sendiri biasanya jatuh pada tanggal 6 Januari atau Minggu pertama setelah 1 Januari. Meskipun ini perayaan bagi umat Kristiani, bukan berarti non-Kristiani gak boleh makan galette des rois ya. Karena, galette ini akan ramai di jual masal di seluruh toko roti (boulangerie), toko pastry (pâtisserie), supermarket di seluruh Prancis, dan rasanya enak bangeeet, manis dan kaya banget almond-nya~

Baca selanjutnya:

Living in France 101: Tradisi Makan Galette des Rois di Prancis

2 Februari – Hari Candlemas atau Festival Cahaya Lilin (La Chandeleur)

Candlemas selalu dirayakan di gereja-gereja pada tanggal 2 Februari dan merupakan hari raya terakhir dari siklus Natal. Candlemas dirayakan sebagai pesta sekuler yang dikenal dengan hari makan crêpes! Tradisi menghubungkan kebiasaan ini dengan Paus Gelasius I, yang membagikan crêpes kepada para peziarah yang tiba di Roma.
Juga dikatakan bahwa crêpes dengan bentuk bulat dan keemasannya, mengingatkan pada cakram surya, membangkitkan kembalinya musim semi setelah musim dingin yang gelap dan dingin.

14 Februari 2021 – Hari Kasih Sayang (Fête des amoureux)

7 Maret 2021 – Hari Nenek ( Fête des grands-mères)

Hari Nenek di Prancis pertama kali dibuat pada tahun 1987 oleh merek kopi Café Grand’Mère, dari grup Kraft Jacobs Suchard; pertama kali untuk urusan komersial. Namun, sejak itu, hari Minggu pertama di bulan Maret menjadi perayaan hari nenek di Prancis.

8 Maret 2021 – Hari Perempuan Sedunia (La Journée internationale des femmes)

Hari internasional yang menyoroti perjuangan hak-hak perempuan dan khususnya kesetaraan gender.

28 Maret 2021 – Daylight saving time

Ini bukan selebrasi atau hari bersejarah, tetapi lebih kepada perubahan waktu dari musim dingin ke musim panas. Jadi, musim dingin waktunya lebih lama dari musim panas. Contoh, saat musim dingin beda waktu antara Jakarta dan Prancis beda 6 jam, saat musim panas beda waktu antara keduanya hanya 5 jam saja.

2 April 2021 – Hari Jumat Agung (Vendredi saint)

Tradisi Jumat Agung atau dalam bahasa Prancis disebut vendredi saint, bukan dijadikan hari libur nasional, tetapi di beberapa daerah seperti Alsace, Jumat Agung merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu karena merupakan hari libur lokal di daerah tersebut. Sejarahnya, hari Jumat Agung ini merupakan perayaan penting bagi umat Kristian, sebagai tanda ketika Kristus dibawa ke Salib sebelum dihidupkan kembali dua hari kemudian, Jumat Agung dirayakan secara khusus oleh denominasi Protestan.

5 April 2021 – Hari Paskah (Lundi de Pâques)

Seperti yang sudah kita ketahui, ini merupakan hari dimana umat Kristiani merayakan kebangkitan Yesus. Kitab Injil berkata bahwa Yesus mati di kayu salib pada hari Jumat Agung dan hidup kembali dua hari kemudian. Di Prancis, sejak Konkordat tahun 1801, hanya Senin Paskah yang tetap menjadi hari libur. Fyi, Konkordat 1801 merupakan perjanjian antara Napoleon Bonaparte dengan Paus Pius VII yang memperkuat posisi Gereja Katolik Roma sebagai gereja utama di Prancis dan mengembalikan sebagian besar status sipilnya.

1 Mei 2021 – Hari Buruh Sedunia (Fête du Travail)

8 Mei 2021 – Hari Kemenangan Sekutu atas Nazi Jerman & Akhir Perang Dunia II (Victoire des Alliés 1945)

Ini merupakan peringatan hari kemenangan sekutu Prancis atas Nazi Jerman serta hari berakhirnya Perang Dunia II di Eropa. Setelah mengalami perdebatan panjang dalam sejarah Prancis dan on-off-on-off dalam menetapkan tanggal 8 Mei sebagai hari libur nasional, akhirnya sesuai permintaan Presiden François Mitterrand bahwa peringatan ini ditetapkan kembali sebagai hari libur nasional berdasarkan Undang-Undang No. 81-893 tanggal 2 Oktober 1981.

9 Mei – Hari Eropa (Journée de l’Europe)

Hari internasional yang dirayakan oleh seluruh negara-negara anggota Uni Eropa untuk memperingati Deklarasi Schuman pada tanggal 9 Mei 1950.

10 Mei – Hari Peringatan Perbudakan Tahunan (Journée annuelle de la mémoire de l’esclavage)

Hari memperingati pengakuan Parlemen Prancis atas perbudakan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan di Prancis. Alhasil, Prancis adalah negara pertama di dunia yang menghapus perbudakan di wilayah jajahannya.

13 Mei 2021 – Hari Kenaikan Isa Almasih (Jeudi de l’Ascension)*

Sama seperti di Indonesia dan di negara-negara lain, hari Kenaikan Isa Almasih merupakan hari libur umat Kristiani yang dirayakan pada hari ke-40 dari Hari Paskah. Meski, setiap tahun tanggalnya selalu berubah-ubah tergantung pada kalender Katolik. Hari Kenaikan Isa Almasih adalah hari libur umum di beberapa negara di Eropa: Jerman, Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Prancis, Islandia, Liechtenstein, Luksemburg, Kerajaan Monako, Norwegia, Belanda, Swedia, Swiss, Vatikan.

Minggu Ke-2 Mei – Hari Nasional Joan of Arc ( Fête nationale de Jeanne d’Arc et du patriotisme)*

Menurut Undang-Undang pada tanggal 10 Juli 1920, Presiden Paul Deschanel menetapkan bahwa Republik Prancis setiap tahun memperingati Hari Nasional Jeanne d’Arc atau Joan of Arc sebagai perayaan patriotisme di Prancis.  Joan of Arc adalah seorang pahlawan perempuan dalam sejarah Prancis, sekaligus panglima perang dan Saint dari Gereja Katolik.

24 Mei 2021 – Hari Raya Pentakosta (Lundi de Pentecôte)*

Perayaan umat Kristiani yang merayakan pencurahan Roh Kudus, pada hari ke-50 dari Hari Paskah.

28 Mei 2021 – Hari Tetangga (Fête des voisins)*

Yup! Kaget kan bahkan di Prancis aja mereka memperingati Hari Tetangga! Tujuannya, untuk memungkinkan tetangga bertemu dengan cara yang ramah dan menciptakan lingkungan tempat tinggal yang harmonis. Cute banget kan?

30 Mei 2021 – Hari Ibu (Fête des Mères)*

Berbeda dengan di Indonesia, Hari Ibu atau fête des mères di Prancis tanggalnya selalu berubah-ubah. Peringatan Hari Ibu dimasukkan ke dalam hukum Prancis pada 24 Mei 1950 dengan ketetapan waktu yang ditentukan oleh Presiden Republik Vincent Auriol bahwa, tanggal yang ditentukan adalah setiap hari Minggu terakhir di bulan Mei, sementara Hari Ibu harus ditunda hingga hari Minggu pertama di bulan Juni, jika tanggal aslinya bertepatan dengan Pentakosta

20 Juni 2021 – Hari Ayah (Fête des Pères)*

Hari Ayah diresmikan oleh Dekrit pada tahun 1952 yang mempertahankan aturan hari Minggu ke-3 bulan Juni. Pada kesempatan ini, komite Hari Ayah nasional dibentuk untuk memberikan hadiah bagi para Ayah yang paling berhak (para kandidat awalnya ditunjuk oleh layanan sosial balai kota).

21 Juni 2021 – Hari Festival Musik (Fête de la musique)*

14 Juli 2021 – Hari Nasional Prancis (Fête Nationale)

Mulai dimasukan ke dalam hukum Raspail pada tanggal 6 Juli 1880, untuk memperingati penyerbuan Bastille pada 14 Juli 1789, simbol akhir monarki absolut, serta Fête de la Fédération tahun 1790 sebagai simbol persatuan Bangsa.

15 Agustus 2021 – Hari Assumption of Mary (Assomption)

Merupakan hari umat Katolik merayakan pendakian ke surga Maria, Ibu Yesus, santo pelindung Prancis dari Ancien Régime, kemudian diganti dengan hari libur (jours férié) oleh Napoleon untuk merayakannya.

23 September – Hari Festival Gastronomi (La Fête de la Gastronomie – Goût de France)

Festival ini merupakan inisiatif Kementerian Ekonomi yang diluncurkan pada tahun 2011, khususnya makanan gastronomi Prancis yang tercantum dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada tahun 2010 oleh UNESCO.

31 Oktober 2021 – Daylight saving time

Pada tanggal ini, terjadi perubahan waktu dari musim panas ke musim dingin. Jadi, pada musim dingin waktu tidur jadi lebih banyak, karena waktu malamnya juga lebih panjang~

1 November 2021 – Hari All Saints (La Toussaint)

Dalam sejarah Prancis, la Touissant adalah hari libur Katolik untuk menghormati dan mengenang orang yang sudah meninggal dunia dan peringatan ini sudah ada sejak abad ke-8. Dalam tradisinya, orang-orang Prancis mengunjungi, membersihkan, memberikan bunga di pemakaman nenek moyang mereka.

11 November – Hari Armistice (Armistice 1918)

Hari gencatan senjata tahun 1918, ditandatangani pada 11 November 1918 sebagai pertanda mengakhiri pertempuran Perang Dunia I (1914-1918) secara de facto mengakui kemenangan Sekutu dan kekalahan Jerman. Perang secara resmi berakhir pada 28 Juni 1919 dengan Perjanjian Versailles.

20 November – Hari Hak Anak Sedunia (Journée internationale des droits de l’enfant)

25 Desember – Hari Natal (Noël)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: