Living in France 101: Tradisi Makan Kue Galette des Rois di Prancis

Aku inget banget, beberapa minggu setelah resmi pindah ke Prancis pada akhir tahun 2018 lalu, tepat di Minggu pertama di bulan Januari 2019, suami tiba-tiba bawain aku galettes yang dia beli dari toko roti (boulangerie) dekat apartemen. Buat yang belum tahu, galettes itu kayak kue yang terbuat dari puff pastry dengan isian pasta almond kental yang dikenal dengan frangipane. Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan manis di dalam (glek! aku ngetiknya literally sambil nelen ludah). Secara tradisional, pastry ini dibuat dan dikonsumsi oleh sebagian besar negara Prancis, Quebec, Swiss, Luxembourg, Belgia dan Lebanon.

Nah, ternyata perayaannya itu memang biasanya pada setiap hari Minggu pertama di bulan Januari~ Di Prancis, perayaan ini dikenal dengan yang namanya festival makan galettes! Hehe, sebenarnya sih nama peringatannya itu dikenal dengan Hari Epiphany, kalau dalam bahasa Prancis-nya Jour de l’Épiphanie. Galette ini mulai dijual massal sejak pertengahan bulan Desember hingga bulan Januari di seluruh toko roti (boulangerie), toko pastry (pâtisserie) dan supermarket di seluruh Prancis.

 

Tapi, apa itu sebenarnya hari Epiphany?

Secara historis, hari Epiphany ini merupakan selebrasi umat Kristiani yang merayakan kunjungan 3 Raja ke bayi Yesus. Kata “Epiphany” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti “penampilan”. Orang Prancis sendiri telah menyajikan galette des rois sejak abad ke-14. Secara tradisional, biasanya disajikan pada tanggal 6 Januari atau hari ke-12 setelah Natal. Saat ini, hidangan galette des rois disantap sepanjang bulan Januari dan merupakan cara untuk merayakan tahun baru bersama keluarga dan teman-teman di Prancis, terlepas dari apapun latar belakang agamanya.

49764888_10218430997551041_7713065895525875712_o (1)
Potongan galette des rois kami

Jadi, meskipun ini perayaan bagi umat Kristiani, bukan berarti non-Kristiani gak boleh makan galette des rois ya. Aku pribadi senang banget sejak pindah dan tinggal di Prancis, aku jadi mempelajari  banyak kebudayaan dan tradisi baru di sini. Makin senang lagi kalau festivalnya berhubungan dengan makanan, hehe~

Sejauh ini, itulah yang aku pahami mengenai Hari Epiphany, tapi kali ini aku mau lebih bercerita mengenai tradisi makan galettes-nya yang menurut ku cukup unik!

 

Galettes des Rois, Kuenya Para Raja~

Galette des Rois atau kue para raja adalah kue berbentuk bulat yang melambangkan matahari. Menurut tradisi, kue raja ini dipotong-potong sebanyak tamu atau anggota keluarga yang hadir~ Di berbagai daerah di Prancis pun memiliki perbedaan kue yang dimakan saat perayaan Epiphany. Di selatan Prancis, biasanya mereka lebih memilih kue brioche yang dilapisi dengan manisan buah. Variasi lainnya seperti roti berukuran pendek lebih populer di Prancis Barat yang memiliki isian alternatif, seperti chocolat-poire (chocolate-pear) atau raspberry.

49592412_10218430998511065_9050984522178363392_o (1)
Finally, aku yang dapet figurine nya! Tapi bukan yang boneka itu ya~

Tradisi ini memiliki keunikan saat memotong kuenya. Jadi, saat menyajikan galette des rois, seluruh kue harus dipotong dan dibagi sedemikian rupa sehingga setiap tamu menerima sepotong, ditambah potongan terakhir sebagai simbolis yang diperuntukkan bagi setiap pengunjung tak terduga atau orang miskin, yang tiba-tiba lewat di depan apartemen/rumah. Dengan cara ini, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang ‘raja’. Jadi, di dalam kue ini sudah ada figurine atau patung porselen berukuran kecil yang sering banget jadi inceran dan koleksi orang-orang.

49426925_10218430999071079_4734207906235285504_o (1)
Figurine ini yang aku dapet! Jadi, memang makan dan ngunyah galette nya mesti hati-hati

Nah, bagi seseorang yang mendapatkan bagian kue dengan figurine di dalamnya,  kalian otomatis akan menjadi le roi (raja) atau la reine (ratu) dan akan mengenakan kertas emas couronne (mahkota) yang biasanya sudah kalian dapatkan saat membeli galette des rois! Di beberapa keluarga, seseorang yang sudah menjadi le roi atau la reine dapat memilih siapa yang menjadi pasangan kerajaan dan memutuskan untuk membeli galette des rois berikutnya.

Semakin banyak personilnya, semakin seru tradisi ini dirayakan!~

Astrid Maharani Girault sign

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: