Living in France 101: 9 Sites Belajar Bahasa Perancis Online Gratis!

Lagi lockdown begini sebenarnya jadi kesempatan baik banget buat melakukan banyak hal yang sejak dulu banget mungkin engga sempat kita lakukan. Entah karena engga ada waktu, terlalu sibuk di kantor, sibuk urus rumah tangga dan sebagainya. Padahal ini jadi kesempatan baik untuk kita membaca buku yang sudah lama dibeli tapi masih bertengger di rak buku, masak makanan atau kue yang dari dulu pengen dibuat atau malah kesempatan untuk belajar bahasa asing!

Kebetulan karena saat ini aku juga lagi mempersiapkan diri untuk Diplôme d’études en langue française (DELF) level B1 yang dijadwalkan bulan Mei mendatang (tapi engga tahu juga ya apakah bulan depan kita udah terbebas dari lockdown ini atau belum) jadi aku mau berbagi beberapa link yang aku gunakan untuk mempersiapkan ujian DELF yang juga bisa kamu gunakan secara online. Alamat website atau links yang akan aku share di bawah ini direkomendasikan oleh Education et Formation, yaitu pusat pelatihan berbahasa Perancis untuk warga negara asing atau FLE (French langue étranger) di Perancis, tempat aku menjalankan pelatihan berbahasa Perancis sejak level A1 hingga level B1. Bagi kalian yang beginner juga bisa cek website di bawah ini, karena tingkat kelasnya bisa di-adjust sesuai kemampuan berbahasa kalian.

Nah, khusus bagi istri atau calon istri warga negara Perancis yang baru atau akan pindah ke Perancis nantinya, website ini bisa jadi bahan persiapan belajar juga. Karena setibanya di Perancis nanti, kantor imigrasi Perancis (OFII) akan melakukan interview dan tes bahasa Perancis kamu. Kalau ternyata engga ada basic bahasa Perancis sama sekali juga jangan sedih, karena mereka akan memberikan kalian kursus bahasa Perancis GRATIS, at least hingga level A1-A2.

Le Point du FLE. Jadi, disini tuh kumpulan semua latihan-latihan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kita, tentunya berdasarkan tingkat bahasa Perancis juga ya. Begitu kamu klik link-nya, lalu kalian bisa pilih ‘Apprendre le français’ dan kamu akan menemukan banyaaak banget subjek pelajaran yang ingin kamu pelajari, mulai dari grammar, vocabulary, conjugation, dsb. Aku rekomen banget sih link ini, soalnya mereka akan refer kalian ke link lainnya untuk latihan soal, latihan mendengarkan (listening), percakapan (conversation), menulis (writing) dll.

TV5 Monde. Website ini menyediakan berbagai artikel dan video yang kita butuhkan untuk melancarkan dan memahami bahasa Perancis. Kelemahan ku dalam bahasa Perancis itu salah satunya adalah mendengarkan (listening), apalagi orang-orang Perancis itu ngomongnya cepeeet banget. Nah, web ini sedikit membantu untuk memahami percakapan dalam bahasa Perancis. Biasanya untuk memahami isi suatu berita di televisi, YouTube atau berita yang ada di koran, dengan menampilkan soal latihan-latihannya juga.

TV5Monde

RFI Savoirs. Fungsinya hampir sama kayak TV5 Monde, tapi keduanya worth it kok untuk dicoba, namanya belajar kan lebih baik sumbernya dari mana saja-kan? Hitung-hitung bisa menambah pengetahuan vocabulary kita juga. Setelah klik link-nya, begitu sampai di dalam web, kamu pilih ‘Apprendre et Enseigner le français’. Nah, ada 3 pilihan berbeda yang bisa disesuaikan dengan topik apa yang ingin kamu pelajari, diantaranya berdasarkan: tematik isu, tujuan belajar dan jenis-jenis latihan. Selain itu, web ini juga update banyak jurnal yang berisikan berita dan situasi terkini di Perancis atau negara-negara lainnya.

Podcast Francais Facile. Bagi orang-orang yang merasa kesulitan untuk memahami lagu, film atau berita dalam bahasa Perancis, bisa mulai latihan mendengarkan (listening) dari podcastpodcast berbahasa Perancis. Salah satunya yang ada di web ini. Namanya memang seperti khusus podcast, tapi sebenarnya juga banyak latihan-latihan lain yang fungsinya hampir sama seperti links sebelumnya. Kalau menurut ku, kelebihan dari site ini lebih banyak menampilkan dialog sehari-hari yang pasti berguna banget untuk kita.

FUN-MOOC. Nah, site satu ini kalian diwajibkan untuk inscription atau sign-up dulu by email. FYI, bagi yang belum tahu, MOOC adalah kepanjangan dari Massive Open Online Courses. Jadi, di website ini engga hanya kursus bahasa Perancis aja, tapi ada topik lainnya. Kepanjangan FUN sendiri juga bukan literally means happy, tapi kepanjangan dari France Université Numérique (FUN). Anyways, setelah mendaftarkan diri dan sudah kembali lagi ke site, kalian bisa ke kolom ‘Rechercher un cours’ atau kolom ‘Search’ dan ketik ‘Vivre en France’. Nanti akan keluar ada kursus level apa saja, tapi hanya dari level A1 hingga level B1. Setelah pilih levelnya, klik dan pilih ‘inscription’. Site ini juga bagusss banget! Dalam sekali latihan, kamu bisa dapet banyak banget manfaatnya, tapi kalian harus lowongkan waktu sekitar 30-60 menit untuk konsentrasi merespon pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

Les Zexperts FLE. Sebenarnya ini lebih semacam blog pendidikan yang lebih ditujukan untuk formateur/formatrice atau para pelatih FLE. Jadi, mereka menerbitkan artikel-artikel yang biasanya banyak digunakan di kelas-kelas pelatihan (formation). Banyak games dalam bahasa Perancis juga, lho!

CIEP. Merupakan kepanjangan dari Centre international d’études pédagogiques atau Pusat Internasional untuk Studi Pendidikan yang merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan Nasional Perancis. Disini, biasanya banyak contoh-contoh soal ujian DELF, DALF maupun TCF mulai dari level A1 hingga C2. Apa bedanya DELF, DALF dan TCF? DELF itu ujian bahasa Perancis untuk meraih Diploma, khususnya untuk level A1 hingga B2. DALF (Diplôme approfondi de langue française) sama juga ujian bahasa Perancis untuk meraih gelar Diploma, tapi khusus untuk level C1 hingga level C2. Manfaat ikut DELF & DALF, kalau kita lulus, kita akan mendapatkan sertifikat kelulusan yang berlaku seumur hidup. Kalau TCF sendiri singkatan dari Test de connaissance du français, biasanya sih ini ujian by online. But correct me if I am wrong! Soalnya aku juga gak tahu banyak soal TCF, yang aku tahu jadi kita tes bahasa Perancis by online dengan waktu terbatas sekitar 90 menit untuk menjawab +/- 80 soal. Soal-soal yang diberikan mulai dari level A1 hingga level C2, jadi nanti hasil terakhirnya akan menentukan kemampuan berbahasa Perancis kamu sudah sampai pada tingkatan yang mana.

Bonjour de France. Lagi-lagi website yang menawarkan latihan-latihan bahasa Perancis mulai dari level A1 sampai level C1. Disini aku suka banget sama latihan-latihannya soal comprehension. Soalnya mereka ngebahas banyak topik disini, mulai dari travel, cooking, baking, economy, history, etc.

Larousse. Di Perancis, Larousse ini salah satu penerbit yang terkenal banget dengan produk dictionary mereka. Setiap kali aku buka website mereka itu selalu helpful! Soalnya ada online dictionary + complete conjugasion juga. Terjemahannya pun tersedia dalam berbagai bahasa. Biasanya aku selalu buka website ini kalau memang lagi benar-benar butuh untuk cari sinonim, anonim maupun arti suatu kata dalam bahasa Perancis. Plus, disini ada resep memasak dan baking-nya juga, jadi bisa belajar bahasa Perancis sambil masak!

Larousse cuisine

Nah, sekarang tergantung kamu mau mulai belajar dari website yang mana dulu. Menurutku semuanya bagus banget untuk dicoba!

Kasih tau juga ya, kalau kalian mau aku kasih rekomendasi media lain untuk melancarkan bahasa Perancis. Mungkin next aku bisa share juga daftar lagu-lagu, film, buku atau podcast favorit aku dalam bahasa Perancis. Atau kalau kamu ternyata udah punya long-list dari musik, film atau buku favorit kamu dalam bahasa Perancis juga boleh lho, di-share ke aku!

Related Posts:

Living in France 101: Metode Cepat Belajar Bahasa Perancis?

Mengurus Visa Long Sejour: Ngapain Aja di Kantor OFII?

[VLOG] Makan Cheese Fondue sambil Belajar Bahasa Perancis

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: