LIVING IN FRANCE,  Normandie,  VLOGS

Festival Makan Ikan + Snacks Shopping Haul di Perancis

Bonjour!

Kalau menurutku, salah satu senangnya hidup dan tinggal di Perancis adalah banyaknya acara dan festival yang unik-unik. Intinya, orang Perancis itu seneng banget sama selebrasi. Sebenarnya, kalau melihat karakter orang-orang Perancis yang doyan makan, doyan ngariung, doyan jalan-jalan, doyan ngobrol itu sama aja kayak kita orang-orang Indonesia pada umumnya.

Aku dan suami senang banget kalau di kota kami tinggal selalu ada festival yang seru-seru. Hampir gak pernah absen pokoknya, apalagi kalau festival soal makanan. Walaupun, to be honest, makanan disini tidak senikmat dan seunik makanan-makanan di Indonesia atau negara Asia pada umumnya, yang selalu rich dengan rempah-rempah. Tapi ya namanya budaya dan tradisi setiap kota maupun negara kan pasti berbeda-beda, jadi respect dan enjoy the different is a key.

Kali ini kita datang di salah satu Festival yang khusus dibuat setiap tahunnya di Perancis, khususnya di kota Dieppe, yaitu Festival Makan Ikan atau dalam bahasa Perancis “Foire aux Harengs”. Sebenarnya, acaranya udah dari bulan November 2019 lalu. Somehow setiap aku lihat pemandangan kota dari apartemenku saat ini, aku jadi sedih banget. Karena aku tahu walaupun tinggal di kota kecil seperti di Dieppe ini, tapi penduduk setempat tuh selalu gak bisa diem, selalu jalan-jalan sekadar menikmati sinar matahari, minum segelas espresso di teras kafe, dsb.

Jadi, ketika mengedit video ini dan menguploadnya ke YouTube, kayak sebagai pengingat untuk aku pribadi, bahwa waktu bersama keluarga dan teman-teman itu memang berharga banget. Dalam hati aku mencoba meyakinkan, this festival ever happened and it will happen again soon after we all can get through this. Sebagai pengingat juga kalau situasi saat ini tuh terjadi ada alasannya, agar kita manusia menjadi lebih kuat, then one day, we will celebrate it together again, as if ‘this pandemie’ never happened.

So enjoy our vlog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: